Sunday, October 5, 2014

Day 1.. Halo JAPAN

24 September 2014

Hello TOKYO (walaupun cuma numpang di airportnya).

All Nippon Airways, maskapai penerbangan yang sangat recommended. Mungkin karena udah lama banget ga naik pesawat besar kaya gini, jadi bener2 amazed dengan kondisi pesawatnya. Tiap kursi disediakan TV digital, yang awalnya aku ga ngerti cara nyalainnya hahaha.. Alhasil curi-curi pandang ke sebelah cara menggunakannya, ternyata gampannngg sebenernya, bisa aja sih asal pencet.. cuma takut tiba-tiba bunyi atau rusak hadeuh kan memalukan hahaha. Sambil nonton, pramugari menyebarkan tas snack, yang isinya cemilan (crackers, tim tam, roti sama air putih). Setelah nonton 1 film, aku pun memilih untuk tidur, sebenarnya ada sih film-film lain malah ada game segala (Daddy, ayo nabung jadi nanti kalian bisa kemari naik ANA yaa) Diego pasti bakal over excited hahaha. Tapi karena udah capek banget, dan grogi banget sebenernya jadi tidur adalah hal terbaik yang harus kulakukan. Setelah puas tidur, jam 4 pagi waktu Jepang aku dibangunkan untuk menikmati sarapan (egg+sausage+fruits+yakult)--- yang lagi2 mengingatkan aku sama Diego, kesukaan dia semua iniiii…

Sebelum mendarat aku memutuskan menggunakan toilet di pesawat.. Hahahaha so norak deh.. Aku ga ngerti liat banyak banget tombol di WC nyaaa hahaha. Sayang ga bawa kamera jadi ga bisa foto.. ada tombol music, tombol pengatur air, dan tombol-tombol lain yang aku ga ngerti apa fungsinyaaa.. Butuh waktu lama sampai akhirnya berhasil ngeflush karena ternyata tombolnya beda sendiri letaknya di belakang. FIuhh..

Jam 6.55 sampai juga di Haneda, Tokyo. Niatnya keluar pesawat mau foto-foto dan muter-muter tapi sadar diri, karena semua orang yang satu pesawat turun dengan tergesa-gesa dan ga ada yang jalan santai kaya aku. Aku akhirnya terbawa suasana, ikut2an jalan dengan cepat2 sampai ke ruang Imigrasi. Oh ya dad, nanti di pesawat akan dikasih dua lembaran utk turis asing. Yang satu, berkas untuk imigrasi dan satu lagi untuk bea cukai. Isinya di pesawat aja supaya lebih cepat, jadi di imigrasi ga terlalu lama, kalau kalau lagi ramai bisa antri panjang.  Setelah antri di kantor imigrasi, aku otomatis dapat residence card yang ga bisa ku upload fotonya soalnya itu berisi personal info aku. Setelah dari imigrasi, aku tetep ambil bagasi dulu karena mau di cek dulu utk bea cukai. Terus ada petugas nyamperin, dan nanya apakah aku bawa daging atau ngga, karena belum ngerti aku bilang kalau aku bawa teri kacang, walah malah dibongkar koper aku, dia minta ditunjukkin, dan ternyata gapapa. Cuma kan jadi makan waktu. Jadi nanti kalau Diego dan daddy nyusul, PD aja bilang kalau kalian ga bawa apa-apa. Untuk bumbu-bumbu instan, indomie, kornet sachet, permen, coklat, semua aman kok. Teri kacang juga amaann :p Keluar dari Imigrasi dan bea cukai udah ampir jam 8. Untung pesawat ke Akita masih lama. Oh iya, di Jepang ini yaaa bener2 kita ga boleh bengoonngg. Duh sempet malu, pas lagi antri beacukai aku sempat bengong, sebenernya berusaha nyari, abis ini aku harus kemana jadi aku ga liat kalau di depanku tuh dah selesai, alhasil bukan Cuma petugas tapi banyak orang di belakang aku serentak teriak hoi hoi hahahaha duhh maluuu aku cm senyum2 sambil terus bilang sorry sorry langsung buru-buru ke depan hahaha.. Sejak itu ga berani deh tengok kanan kiri. Kudu fokussss..

Setelah check in ke domestic flightnya ANA, aku langsung nunggu bis yang akan nganter aku ke domestic terminal. Jadi domesticnya ANA dibagi dua , south dan north, pesawatku ada di north, jadi habis dari international terminal,  bisnya akan antar kita ke south dulu, baru ke north. Dari international ke north kira2 20 menit, jadi jangan mepet naik bisnya. Setelah itu langsung boarding. Sedihnya, ternyata wifi ga segampang itu di sini.. hiks jadi begitu sampai haneda cari2 wifi ga bisa.. ada sih tapi ga bisa connect ke internet jadi maaf yaa ga bisa kasih kabar saat itu juga. Lama juga harus nunggu di boarding mau jalan2 masih takut nyasar.

inside the bus

Jam 9.55 berangkat ke Akita, satu pesawat isinya kebanyakan orang2 tua hehehe.. Dari Tokyo ke Akita cuma 1 jam sih. Nanti aku akan cari info untuk bisnya.. Begitu nyampai Akita, berasa banget bedanya sama Tokyo, di Akita airportnya sederhana, bahkan sebagian dinding dari kayu.. terasa banget kalau di Akita ini country sidenya Jepang.. Sepiiiii  beda dengan terminal Haneda hehehe.

Jam 11.00 Aku dijemput sama mahasiswi S2 di Akita yang volunteering untuk nolong aku (dibayar juga oleh universitas) Namanya Yon Ryu, tapi maunya dipanggil dengan nama Inggrisnya, Catherine. Nah ternyata ada mahasiswa dari Polandia juga, namanya Robert. Jadi kami bertiga naik bis dari airprort ke terminal Akita. Biayanya @930 yen. Sayangnya koperku yang satu rusak, rodanya patah hiks mungkin karena dibanting2 di pesawat. Jadi beraaaaaaatt banget.. tangan serasa mau copot hadeuh si Cath baik banget dia bantuin bawa.. Oh ya, Cath ini orang Cina yang sudah 5 thn tinggal di Jepang. Setelah sampai ke terminal, kami makan siang dulu lalu menuju ke kampus yang ternyata deket juga dari stasiun. Disini semua serba dekat, karena kota kecil. Kalau jalan dari kampus ke terminal kurang lebih 20 menitan. Dan ga ada yang namanya maceettt huaaa..

Setelah taruh koper di kamar. Aku, Robert, dan Cath pergi ke pusat perbelanjaan, belanja macem2 dari futon, gorden, alat masak, sampe bahan makanan, sampe pinggang mau copot saking berat dan capeknya hahaha.. mana dari satu toko ke toko lain kita harus jalan dan Cath + Robert jalannya cepet bangeett apalagi mereka tinggi-tinggi hahaha kebayang kan aku yang mungil ini (upss) kudu mengejar ketertinggalan sambil ngos-ngosan. Untung cuaca di sini lagi sejuk banget jadi ga ada tuh kegerahan hahaha. Belum lagi urusan surat menyurat menanti woooww. At the same day, aku juga ketemu dengan professor yang nantinya akan membimbing aku, nama Prof Du Wei, He comes from Beijing, not a japanesse also hehe. Dia baik sekali, banyak senyum. Tapi ga banyak ngobrol karena  aku masih blm bisa bahasa Jepang, jadi Cath banyak membantu aku. Prof Du Wei bilang aku ga akan sendiri, akan datang orang Filipina sesama teacher training program juga dibawah professor Du Wei juga. Fiuuhh langsung lega dengernya.

End of the day, aku masuk kamar jam 21.00 setelah seharian muter sana-sini, beli ini-itu dan ketemu banyak orang baru. Aku masih inget, rasanya takut mau masuk kamar, takut sama rasa kesepian… Aku belum bisa pakai internet di kamar, karena di sini semua serba teratur jadi ada urusan surat-menyurat dulu kata Cath sebelum internet bisa dipasang di kamarku hikssssss :’(

Kondisi kamar saat baru pindah hahaha

Kamarku bagus! Aku suka banget, tidak terlalu besar, tapi ga sempit2 amat.. Aku rasa kalau pemiliknya mengijinkan, muat banget kalo kita ber 3 tinggal di sini. Lemarinya gede cukup untuk barang kita bertiga bahkan ada semacam loteng kecil di atas, kamu bisa duduk2 di loteng itu hahaha.. ada kompor, microwave, kulkas, mesin cuci, sama air panas. Untuk yang terakhir ini bener2 deh, aku ga ngerti cara nyalainnyaa.. Alhasil malam itu cm bisa bilas2 karena airnya dingiiiiiiinnnnn bangeeettttt hahaha. Langsung memutuskan tidur biar malam cepat lewat. Kamar masih berantakan. Bener2 lelah, cm bisa bongkar seprei dan gorden lgs tidur.. hmmm tapi ga bisa langsung tidur juga soalnya lgs kepikiran kalian semua, ambil kamera, buka2 foto dan video kita yang kita ambil belakangan ini :’( baru akhirnya tidur. Oh ya, tentunya sambil buka Mazmur 130 : 6, Jiwaku mengharapkan Tuhan lebih dari pada pengawal mengharapkan datangnya pagi..