Saturday, January 24, 2015

HaloWork Akita

Setelah dapat ijin resmi dari Imigrasi untuk kerja sambilan, ditandai dengan stamp khusus di paspor dan alien card. Aku dianter sama temen dari Filipina, mam Shirley, untuk ke HaloWork Akita. Apa itu HaloWork Akita??



HaloWork Akita itu semacam lembaga pemerintah yang membantu masyarakat Akita untuk mencari pekerjaan, dari pekerjaan sambilan sampai pekerjaan tetap. Terbuka untuk siapa saja, termasuk mahasiswa ataupun warga negara lain yang tinggal di Akita. Syaratnya ga ribet, yang penting produktif dan mau kerja.

Prosedur bagi mahasiswa asing seperti saya :
1. Pastikan sudah mendapat surat ijin kerja dari imigrasi setempat.
2. Ambil nomor antrian di resepsionis dan sampaikan bahwa tujuan ke halowork untuk mencari kerja, nanti akan ditanya sudah anggota atau belum, karena saya belum anggota jadi saya harus isi formulir pendaftaran anggota.
3. Isi formulir, termasuk di dalamnya nama, alamat, kewarganegaraan, no telp (isi yang kita tahu saja dulu)
4. Setelah nomor kita dipanggil, kita akan diwawancarai oleh petugas HaloWork. Bentuk pertanyaan standar sambil melengkapi beberapa bagian di formulir yang belum kita isi, seperti pernah kerja atau tidak sebelumnya? kalau pernah, kerja sebagai apa, job desc nya apa, lalu punya kendaraan atau sepeda tidak? dan pertanyaan2 standar lainnya.
5. Semua data kita akan diinput oleh petugas HaloWork.
6. Dalam hitungan menit, petugas memprint berlembar2 kertas lowongan kerja yang sekiranya sesuai dengan lokasi tinggal kita.
7. Data lowongan kerja yang diberikan, sangat detail termasuk gaji perjam, jam kerja, job desc, dsb.
8. Bila ada yang kita minati, sampaikan ke petugas (bisa saat itu juga atau bisa juga nanti setelah kita teliti dan baca setiap lowongan)
9. Pihak petugas akan menghubungi pencari kerja lalu akan diatur untuk wawancara dengan usernya.
10. Masalah diterima atau tidak, semua tergantung dari usernya hehehe.. yang pasti kalau tidak diterima, masih bisa pakai jasa ini sampai kita dapat pekerjaan yang cocok.

Keuntungan dari HaloWork Akita:
1. Gratis, ga pake bayar hehe dan kalaupun kita diterima kerja, kita ga akan dipotong gajinya. Ini murni lembaga pemerintah non profit.
2. Simpel, ga perlu repot muter2 cari kerja. Kemarin aja saya langsung dapat sekitar 30 peluang kerja dekat tempat tinggal yang bisa saya follow up hehehe.
3. Officernya rata-rata sudah senior jadi ramah2 banget. Hampir semua officer yang melayani masyarakat adalah warga senior akita yang sudah pensiun di pekerjaannya. Pemerintah berinisiatif menarik para pensiunan ini untuk kerja sebagai officer halowork untuk mengisi hari-hari mereka.
4. Ga pake antri lama karena booth yg dibuka banyak sekali ada sekitar 30an. Jadi ga ada tuh antrian panjang hehehe.

Menarik sekali ya, bagaimana pemerintah di sini memikirkan bagaimana supaya masyarakat di sini tidak jadi pengangguran, bahkan bagi masyarakat yang sudah usia pensiun pun masih mereka pikirkan nasibnya hehehe. Jadi yang sudah pensiun, dapat uang pensiun plus masih bisa produktif dan dapat gaji tambahan. Gimana ga makmur orang2 Jepang hihihi.

PR baru buat saya, segera memfollow up lowongan kerja yang sudah di depan mata hihihi lumayan buat tambah2 uang jajan ;p

PS; Maaf bagian dalam kantor ga bisa saya foto, ga berani euy hihi takut ga boleh hahaha.


No comments:

Post a Comment